Tuesday, May 15, 2012

Tipe Darah Menentukan Risiko Kanker Pankreas


TEMPO Interaktif, Jakarta -Sebuah penelitan menyimpulkan, bahwa beberapa jenis gen tertentu yang menentukan tipe darah, ternyata berkaitan dengan risiko munculnya kanker pankreas. Para peneliti dari Amerika Serikat itu meneliti rangkaian gen lebih dari 4.300 pasien kanker pankreas dan lebih dari 4.500 orang tanpa penyakit itu.

Hasil analisa penelitian itu menunjukkan, bahwa orang-orang dengan varian gen ABO yang memproduksi tipe darah A, B atau AB berhubungan dengan risiko kanker pankreas. Sementara mereka dengan tipe darah O, tidak berisiko mengidap penyakit ini. Hasil penelitian ini akan dipublikasikan di jurnal Nature Genetics edisi tanggal 2 Agustus.

Temuan ini cukup konsisten dengan penelitian terakhir yang menunjukkan peningkatan risiko pada kanker pankreas dan gastrik atau pencernaan diantara mereka yang memiliki tipe darah A, B, dan AB, seperti yang dikutip dari rilis berita dari U.S. National Cancer Institute.

"Meski perlu penelitian lebih lanjut, penelitian ini akan memberi arahan lebih baik pada intervensi diagnostik dan terapetik yang sangat dibutuhkan," kata Patricia Hartge, dari divisi epidemiologi dan genetik kanker di U.S. National Cancer Institute.

Banyak pasien yang tidak terdiagnosa sampai penyakit ini menyebar hingga penyakit ini telah menyebar hingga ke bagian tubuh lain. Tercatat kurangadri lima persen pasien bisa bertahan hidup hingga lima tahun. Beberapa faktor risiko lain yang mendukung munculnya penyakit ini antara lain diabetes, merokok, ras dan keturunan. HEALTHDAY

No comments:

Post a Comment

TrafficRevenue